Bilangan Bulat

1. Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat terdiri atas bilangan bulat positif, nol, dan bilangan bulat negatif
Himpunan bilangan bulat dilambangkan dengan B = {…,-3.-2,-1,0,1,2,3…}
Operasi pada penjumlahan bilangan bulat memiliki sifat berikut:
a. Tertutup, yaitu hasil penjumlahan bilangan bulat dengan bilangan bulat adalah bilangan bulat
b. komutatif, a+b=b+a
c. asosiatif, (a+b)+c=a+(b+c)
d. mempunyai unsur identitas, yaitu 0 dimana 0+a=a+0=a
e. Lawan (invers) dari a adalah -a dan sebaliknya
a+(-a)=0 untuk setiap bilangan bulat a
a-b=a+(-b), untuk a,b bilangan bulat

Sifat operasi perkalian bilangan bulat
a. tertutup, yaitu perkalian bilangan bulat menghasilkan bilangan bulat
b. komutatif, a x b = b x a
c. asosiatif, (a x b) x c = a x (b x c)
d. identitas, yaitu a x 1 = 1 x a
e. sifat distributif
perkalian terhadap penjumlahan
a x ( b+c)=(a x b) + (a x c)
a x ( b- c)=(a xb) – (a x c)

Bilangan pecahan senilai adalah suatu bilangan pecahan bernilai tetap jika pembilang dan penyebutnya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama asal bukan nol

Menyederhanakan bilangan pecahan dilakukan dengan cara membagi pembilang dan penyebutnya dengan FPB dari pembilang dan penyebut pecahan tersebut.

Untuk membandingkan bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a. ditunjukkan dengan memperhatikan letak urutan pada garis bilangan
b. Penyebut setiap pasangan bilangan pecahan yang akan dibandingkan disamakan terlebih dahulu, kemudian dibandingkan.

Jenis-jenis bilangan pecahan:
a. Bilangan pecahan a/b disebut bilangan pecahan murni, a < b
b. Bilangan pecahan a/b disebut pecahan tak murni, jika a > b
c. bilangan pecahan campuran
d. bilangan pecahan desimal
e. Persen artinya perseratus
f. Pewremil artinya perseribu

Penjumlahan bilangan pecahan
a. a/b +c/b = a+c/b
b. a/b +c/d =ad+bc/bd

Jawab Pertanyaan berikut!

1. Dalam suatu ujian masuk SMP I Jakarta setiap jawaban yang benar diberi skor 5, untuk jawaban yang salah diberi skor -2, sedangkan untuk soal yang tidak dijawab diberi skor 1. Jika dari 50 soal yang tersedia seorang siswa menjawab 30 soal benar dan 4 soal tidak dijawab, hitung skor yang diperoleh siswa!

2. Ketidaksamaan berikut yang benar adalah
a. -5 > -2
b. -6 < -4
c. -3 > 1
d.-5 < -8

3. Bilangan pecahan yang letaknya tepat di tengah-tengah antara 1/4 dan 1/5 adalah
a. 7/20
b. 1/60
c. 9/40
d. 13/80

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s